Apa Itu Ruam ?

BAGAIMANA RUAM BISA TERJADI PADA KITA

Apa Itu Ruam ? – Ruam dapat terjadi dalam kalangan dewasa dan anak-anak disebabkan oleh sesuatu yang memberi iritasi pada kulit. Ruam akan dimulai dalam jangka waktu 48 jam setelah terkena dengan alergen atau bahan penyebab (dermatitis). Berbicara tentang masalah kesehatan terkait kulit, antara yang paling umum tetapi menjengkelkan adalah masalah ruam pada kulit. Lazimnya dilihat pada daerah kulit yang mudah berkeringat, ruam menjadi masalah kulit yang mengkhawatirkan banyak orang. Ruam merupakan satu masalah kecil yang sebenarnya bisa dihindari dengan perawatan di rumah saja. Namun, dalam kondisi tertentu ruam turut membutuhkan perawatan klinis. Dermatitis akan mengakibatkan kemerahan pada kulit atau ruam dengan bintik noda merah. Ruam atau dermatitis yang lebih parah menyebabkan masalah yang lebih buruk seperti bengkak, kemerahan dan luka.

Penyebab Ruam

Ruam bukan sering terjadi pada kali pertama Anda berhubungan dengan alergen atau bahan iritasi. Kondisi saat terjadinya reaksi dengan bahan tersebut, menyebabkan terjadinya ruam. Ruam tidak berbahaya tetapi lazimnya menyebabkan iritasi, kadangkala sampai terluka. Antara alergen utama yang menyebabkan terjadinya ruam atau dermatitis adalah – Tanaman beracun seperti ivy, oak atau sumac, Sabun, deterjen, sampo, parfum, kosmetik atau lotion, perhiasan atau kain.

Ruam juga ditemukan muncul setelah terpapar serangga atau parasit seperti hama. Anda bisa mendapatkan ruam ketika Anda berjalan ke daerah luar kota atau mengembara di dalam hutan. Ruam menjadi penanda masalah kulit yang kronis seperti jerawat, eksim, psoriasis atau dermatitis seboroik. Sebab-sebab lain termasuk ruam kering, cuaca dingin, cuaca yang sangat panas (ruam panas) dan tekanan emosi. Emosi seperti kekecewaan atau rasa malu dapat menyebabkan ruam yang gatal.

Kebutuhan untuk perawatan medis sering tergantung pada gejala-gejala. Ada ruam yang terjadi dengan gejala-gejala lain seperti sesak napas atau demam, menandakan sejenis reaksi alergi atau infeksi yang serius. Periksa tanda-tanda Anda untuk memutuskan jika dan ketika Anda harus ke dokter. Anda juga harus lah perlu tahu jenis-jenis ruam.

Beberapa Jenis Ruam

1) Ruam Panas …. kepanasan yang terlampau bisa buatkan bayi pengap dan kulit terkena, naik bintik2 merah seakan-akan jerawat. Seringkali dikawasan pelipatan seperti leher, pelipatan siku, dicelah-celah kulit berketak-ketak. Ruam panas, juga dikenal sebagai ruam menyodok atau ruam gatal (miliria), adalah erupsi kulit yang dapat timbul ketika bayi Anda terlalu panas dalam cuaca panas dan lembab. Jika tubuh si kecil dengan tiba-tiba diserang oleh ruam merah terang dan berbintik di leher, bawah lengan atau di tepi popok atau celana dalam, jangan panik; ianya mungkin hanya ruam panas. pabila panas dan lembab di luar, anak Anda akan berkeringat untuk mendinginkan badannya. Jika dia berkeringat terlalu banyak sehingga pori kulit menjadi tersumbat dan keringat tidak dapat keluar, ruam panas akan timbul. Bayi dan anak-anak kecil lebih cenderung mendapat ruam panas sebab kelenjar keringat mereka belum matang sepenuhnya. Pakaian ketat atau tebal akan menakung keringat juga, menyebabkan iritasi menjadi lebih parah. Anak-anak bisa mendapatkan ruam panas dari apa saja yang menyebabkan dia banyak berkeringat, seperti suhu tinggi atau dia berlari-lari main di lingkungan yang panas.

2) Ruam Susu …. efek dari lelehan susu yg dibiarkan dan tidak dilap, bintik-bintik putih di wajah, leher dan dada bayi. Ruam susu biasa nya terdapat pada kulit si kecil terlihat kemerahan, membengkak, dan bersisik di sekitar pipi. Ruam ini menimbulkan rasa gatal dan memicu anak menggaruk area yang terkena ruam, membuat anak gelisah dan rewel. Rasa gatal semakin menjadi-jadi saat malam hari dan sangat mengganggu tidur anak. Pipi adalah area kulit bayi yang sering terkena tetesan susu. Kondisi ini disebabkan juga bayi tersebut mengalami alergi terhadap susu berasakan protein sapi yang diberikan, terutama bagi mereka yang berada di tingkat usia yang masih muda. justru itu, orang tua harus lah mengkonversi susu sapi ke susu yang berasakan kedelai. Orang tua juga harus memastikan setiap maknanan yang di berikan kepada bayi adalah aman untk dimakan terutama pada tahap awal pertumbuhan mereka.

3) Ruam Popok …. terlalu lama dibiarkan memakai kain popok / popok sekali pakai, kulit jadi merah dan radang apakah di sekitar punggung bayi atau di celah paha. Konten dalam popok sekali pakai seperti bahan kimia, lotion atau bahan wewangian dapat meningkatkan sensitivitas terhadap ruam dibandingkan popok kain. Namun, popok sekali pakai lebih menyerap kelembaban dan bayi Anda akan lebih kering. Maka, risiko terhadap ruam juga berkurang. Menariknya, penelitian menunjukkan reaksi bayi terhadap popok kain atau popok pakain buang adalah berbeda-beda. Beberapa bayi kurang risiko ruam popok saat memakai popok kain atau pun sebaliknya. Untuk solusi mudah, pastikan Anda menyalin popok secepat mungkin setelah anak Anda membuang air kecil atau besar karena paparan kulit terhadap kotoran dan air kencing akan meningkatkan risiko ruam popok. Jika anak Anda memiliki ruam popok yang parah, pertimbangkan mengubah jenis popok yang dipakai apakah popok kain atau popok sekali pakai. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter karena mungkin ada juga faktor lain yang berperan dalam ruam yang dialami.

4) Eksim …. rasa gatal dan tak nyaman. Tingkat lebih parah sehingga berdarah dan keluar air. Seringkali dapat tengok pada pelipat kelopak mata, leher, siku, lutut, pergelangan tangan, jari tangan dan jari kaki. Ada dermatis – kemerahan, kuping, bengkak. Eksim (eczema) juga dikenal sebagai atopik dermatitis atau eksim atopik (eksim bentuk yang paling umum). Eksim atopik sering terjadi pada anak-anak, tetapi bisa juga terjadi keatas orang dewasa atau dikalangan mereka yang usia lanjut. FYI juga, eksim adalah kondisi kulit yang kronis di mana kulit menjadi gatal, merah, kering dan merekah. Kira-kira 30% dari semua hasil diagnosis keatas gejala kulit melibatkan eksim atopik. Ini mempengaruhi yang sama pada pria maupun wanita serta orang-orang dari latar belakang etnis yang berbeda. Kebanyakan kasus di Eropa Barat, Amerika Utara dan Australia menjelaskan jumlah orang yang terinfeksi penyakit eksim ini telah meningkat pada tahun-tahun terakhir dan ini termasuk di Asia dan Malaysia.

5) Alergi …. kulit merah dan gatal dgn tiba2, biasanya berasal drpd gizi, debu, cuaca, serangga, obat dan bulu binatang. Ini tak berpanjangan.Sebenarnya, alergi atau alergi adalah reaksi kekebalan terhadap bahan yang terhirup, dimakan atau yang hanya disentuh. Sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap alergen bahan yang membangkitkan reaksi dengan mengeluarkan histamin dan kimia-kimia lain yang menyebabkan gejala seperti kongesi hidung serta sistem pernapasan, gatal hidung atau hidung meleleh, pedih tenggorokan, diarhea atau diare, mata berair dan gatal, dan ruam gatal. Tidak semestinya, dan agak sulit terdeteksi bagi bayi. Misalnya, banyak bayi akan mendapatkan lelah ketika diserang infeksi saluran pernapasan pernapasan atas. Ini sebenarnya bukan tanda alergi, dan kebanyakan bayi akan hilang kecenderungan untuk mendapatkan lelah ketika mereka menjadi dewasa. Jika lelah itu terjadi tanpa flu, dan masih tetap ketika dia mencapai usia tiga tahun, dokter anak Anda mungkin akan meminta Anda untuk menyimpan buku catatan setiap kali bayi Anda menunjukkan gejala ini. Diagnosis asma biasanya dapat dibuat berdasarkan sejarah bayi dan tindak balasnya terhadap obat bronchodilators yang melegakan.

Kebanyakan ruam akan hilang tanpa perawatan medis. Perawatan di rumah sering dapat mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal sehingga ruam hilang. Jika Anda memiliki ruam, Anda tidak perlu berada dalam hubungan dengan anak-anak atau wanita hamil. Kebanyakan virus yang menyebabkan ruam adalah menular, terutama jika ia turut menyebabkan demam.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *