Ramuan Tradisional Rumahan untuk Mengobati Pilek

Ketika cuaca dingin, tubuh cenderung sulit untuk menyesuaikan dirinya terhadap suhu dan lingkungan saat itu. Sehingga, kondisi tubuh akan mudah drop dan terserang penyakit. Salah satu gangguan kesehatan yang biasanya muncul adalah pilek. Ketika pilek menyerang, anda selalu berusaha untuk mendapatkan obat pilek yang benar-benar bisa cepat menyembuhkan berapapun harga yang dicantumkan. Akan tetapi, ketika harga menjadi persoalan, anda bisa mengatasi pilek yang saat ini menyerang dengan Ramuan Tradisional Rumahan untuk Mengobati Pilek berikut ini.

Ramuan Tradisional untuk Pilek

ramuan tradisional rumahan untuk mengobati pilek

1. Bawang putih

Sifat antibakteri dan antivirus bawang putih dapat sangat membantu dalam menyingkirkan gejala dingin. Bawang putih baik untuk sistem kekebalan tubuh dan membantu membuka saluran pernapasan, serta membantu racun keluar dari tubuh Anda.

Cara konsumsi :

  • Campurkan satu siung bawang putih, dua sendok teh jus lemon, satu sendok teh madu dan setengah sendok teh Lada cabe merah atau cabai merah bubuk. Mengkonsumsi setiap hari sampai gejala mereda.
  • Empat sampai lima siung bawang putih cincang dalam secangkir air mendidih dan tambahkan satu sendok teh madu. Minum dua sampai tiga kali sehari.
  • Anda juga dapat makan bawang putih mentah atau menggunakan beberapa tetes minyak bawang putih dalam makanan dan minuman.

2. Madu

Madu dapat sangat membantu dalam menenangkan iritasi tenggorokan serta memperpendek umur dari dingin. Jumlah tinggi nutrisi dan enzim dalam madu membantu membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan pilek serta pilek.

Cara Konsumsi :

Campurkan satu sendok teh jus lemon dan dua sendok teh madu. Konsumsi setiap dua jam untuk mendapatkan bantuan yang besar dari flu dan sakit tenggorokan. Jika Anda suka, Anda hanya dapat menelan sesendok madu mentah.

3. Teh Rempah-rempah

Teh rempah-rempah adalah obat Ayurveda yang sangat bermanfaat untuk menyingkirkan pilek.

Cara Konsumsi :

  • Panggang dan giling seperempat cangkir biji ketumbar, tambahkan satu setengah sendok makan masing-masing biji jintan dan adas, serta seperempat sendok teh biji fenugreek.
  • Rebus menggunakan secangkir air
  • Tambahkan satu setengah sendok makan bubuk bumbu ini dan satu setengah sendok teh gula batu (misri).
  • Biarkan mendidih selama tiga hingga empat menit.
  • Tambahkan dua sendok makan susu.
  • Didihkan dan kemudian saring.
  • Angkat, konsumsi selagi masih hangat

4. Jahe

Jahe dapat membantu dalam mengobati pilek dan gejala flu lainnya karena sifat antivirus, ekspektoran, dan anti-inflamasi.

Cara Konsumsi :

  • Makan jahe mentah atau minum jahe teh beberapa kali sehari. Untuk meningkatkan efektivitas teh jahe, tambahkan jus lemon dan madu itu.
  • Anda juga dapat membuat pasta jahe, cengkeh dan garam, makan satu setengah sendok teh dalam dua kali sehari.
  • Untuk hidung meler, campuran jumlah yang sama bubuk jahe kering, bisa tambahkan mentega (ghee) dan jaggery (gur), pemanis alami. Mengkonsumsi campuran ini setiap hari di pagi hari pada keadaan perut kosong.

5. Sup ayam

Sup ayam memiliki banyak nutrisi penting dan vitamin yang membantu mengobati gejala flu biasa. Sifat-sifat antioksidan tinggi dalam sup ayam mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, sup ini akan meningkatkan kekebalan dan memulihkan kekuatan dalam tubuh yang lelah. Untuk hasil terbaik, membuat sup ayam buatan sendiri menggunakan sayuran organik dan ayam.

6. Bawang merah

Mereka yang menderita pilek bisa mendapatkan bantuan dari sirup buatan sendiri yang terbuat dari bawang merah. Untuk membuat sirup, Anda akan perlu bawang merah dan madu atau gula.

Cara konsumsi :

  • Iris bawang merah dua sampai 3 siung. Masukkan satu irisan bawang dalam mangkuk dan tambahkan madu mentah. Ulangi proses sampai mangkuk penuh.
  • Tutup mangkuk dan biarkan selama 12-15 jam. Ketika Anda membuka mangkuk, teksturnya akan kental seperti sirup.
  • Minum sesendok sirup tersebut beberapa kali sehari untuk mendapatkan khasiat dari sakit tenggorokan dan gejala lain pilek.

7. Lada hitam

Lada hitam adalah salah satu perawatan alami paling mudah yang tersedia untuk berbagai gejala flu biasa. Capsaicin hadir dalam lada membantu lendir tipis dan memberikan bantuan dari hidung mampet.

Cara konsumsi :

  • Jika Anda menderita hidung meler, tambahkan lada hitam pada makanan. Anda juga dapat berkumur dengan satu sendok teh lada hitam dicampur dalam segelas air hangat.
  • Jika Anda tidak dapat makan atau minum lada, Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari mencium bau lada sepanjang hari.

8. Susu

Susu, bila dikombinasikan dengan kunyit dan bubuk jahe, membantu mengobati gejala batuk dan pilek, seperti badan pegal dan sakit kepala. Berlawanan dengan kesalahpahaman populer, susu tidak meningkatkan produksi lendir.

Cara Konsumsi :

  • Susu yang mendidih, tambahkan setengah sdt kunyit dan satu setengah sendok makan jahe bubuk (Anda juga dapat menggunakan jahe segar).
  • Jika memilih susu dingin ke suhu kamar, Cobalah untuk minum itu dua kali sehari, terutama sebelum pergi tidur.

9. Kayu manis

Kayu manis dapat melawan flu dan membantu meringankan kering atau sakit tenggorokan.

Cara Konsumsi :

  • Campur satu sendok makan bubuk kayu manis dan dua cengkeh dalam segelas air mendidih dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Saring dan minum selagi masih hangat. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menambahkan beberapa madu juga. Minum teh ini satu hingga tiga kali sehari.
  • Jika Anda suka, Anda hanya dapat mengkonsumsi beberapa tetes minyak kulit kayu manis dengan madu.

Pengobatan rumah ini akan memberikan Anda beberapa bantuan dari gejala flu biasa. Tetapi jika flu atau pilek berlangsung lebih dari dua minggu bahkan sampai mengalami pilek menahun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *