Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Jahe adalah bumbu dapur ajaib dalam obat-obatan kuno Ayurveda. Hal itu karena ia memiliki sifat yang diuji. Di India, jahe secara bebas digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mereka memang telah mengenal jahe secara baik yang bisa memberikan manfaat cukup siginifikan jika dikonsumsi sesuai kebutuhan.

Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

manfaat dan khasiat jahe untuk kesehatan
Mengatasi sakit perut

Jahe sering digunakan untuk sakit perut. Ini adalah salah satu solusi terbaik untuk gangguan pencernaan, sakit perut, dispepsia, kolik, kejang, diare, perut kembung dan perut dan usus terkait masalah. Minyak jahe atau jahe sering ditambahkan sebagai obat tradisional, terutama di India, karena membantu dalam memperbaiki pencernaan. Teh jahe juga digunakan untuk menghilangkan masalah pada perut. Selain itu, dapat meningkatkan nafsu makan.

Mengatasi keracunan makanan

Jahe adalah antiseptik dan zat karminatif. Akibatnya, dapat digunakan untuk mengobati keracunan makanan. Hal ini juga digunakan untuk mengobati infeksi usus dan bakteri disentri.

Menghilangkan mual dan muntah

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dan minyak jahe juga efektif terhadap mual dan muntah. Penggunaan jahe juga dapat mengakibatkan penurunan terkait terhadap kehamilan wanita.

Mengatasi malaria

Jahe dan minyak jahe juga efektif terhadap demam kuning dan malaria.

Mengatasi gangguan pernapasan

Jahe dikenal sebagai ekspektoran alami, yang efektif dalam mengobati berbagai masalah pernapasan seperti pilek, batuk, flu, asma, bronkitis dan sesak napas. Jahe ini sangat efektif dalam menghilangkan lendir dari tenggorokan dan paru, sehingga itu sering ditambahkan ke dalam teh di India. Manfaat kesehatan dari madu dan jahe dalam mengobati masalah pernapasan yang cukup terkenal.

Peradangan dan nyeri

Ekstrak jahe sering digunakan dalam obat tradisional untuk mengurangi peradangan. Penelitian, kini telah membuktikan bahwa sifat anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan adanya suatu zat yang bernama Zingibain. Ini adalah analgesik di alam dan mengurangi rasa sakit akibat nyeri sendi dan otot, arthritis, kondisi rematik, sakit kepala, serta migrain. Lebih lanjut, rempah yang satu ini diyakini dapat memberikan dampak pada pengurangan prostaglandin, yang merupakan senyawa yang berhubungan dengan nyeri. Oleh karena itu, jahe membantu dalam menghilangkan rasa sakit. Baru-baru ini, beberapa peneliti Cina telah melaporkan bahwa jahe dapat menjadi sangat efektif dalam mengobati radang ginjal.

Mengatasi masalah menstruasi

Menstruasi yang tidak teratur dan menyakitkan dapat diobati dengan jahe.

Penyakit jantung

Masyarakat China sangat percaya bahwa jahe mampu meningkatkan dan memperkuat kesehatan jantung Anda. Banyak orang menggunakan minyak jahe sebagai ukuran untuk mencegah serta menyembuhkan berbagai masalah jantung. Awal penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengurangi kolesterol dan mencegah pembekuan darah. Dengan mengurangi kolesterol dan pembekuan darah, kemungkinan penyumbatan pembuluh darah berkurang, dengan demikian mengurangi kejadian serangan jantung dan stroke.

Menghilangkan stres

Minyak jahe mengandung minyak esensial yang mampu mengurangi depresi, mental stres, kelelahan, pusing, gelisah dan kecemasan.

Mencegah impotensi

Jahe ini bermanfaat untuk kesehatan laki-laki juga. Jahe dikenal sebagai minyak afrodisiak di alam, efektif dalam menghilangkan impotensi dan mencegah ejakulasi dini.

Mengobati Kanker

Menurut American Cancer Society, awal penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa jahe mungkin berguna dalam mengobati kanker.

Perlu dicatat, bahwa jahe memiliki sifat sangat kuat, sehingga dapat digunakan dengan hati-hati dan sebaik mungkin untuk mendapatkan manfaat yang dibutuhkan.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *