Makanan Sehat yang Bisa Menjaga Fungsi Paru-paru

Setiap hari, kita menggunakan paru-paru untuk bernapas sekitar 25.000 kali, menurut laporan MedlinePlus MedlinePlus, situs National Institutes of Health. Penyakit paru-paru seperti kanker, radang paru-paru, penyakit paru obstruktif kronik dan asma dapat membatasi kemampuan tubuh untuk mengambil oksigen, sedangkan semua sel-sel Anda perlu berfungsi. Untuk menjaga paru-paru Anda dalam kondisi sehat, ikuti diet sehat yang penuh dengan makanan segar. Berikut ini makanan sehat yang bisa menjaga fungsi paru-paru, antara lain :

makanan sehat yang bisa menjaga fungsi paru-paru

Sayuran

Sayur silangan adalah makanan dari keluarga kubis. Mereka umumnya dikemas dengan antioksidan yang alami membantu tubuh membersihkan racun. Beberapa pilihan yang paling populer bagi orang-orang yang mengejar kesehatan paru-paru adalah brokoli, kembang kol dan kubis.

Makanan dengan karotenoid

Karotenoid adalah pigmen orange antioksidan yang telah ditunjukkan untuk mengurangi risiko terkena kanker paru-paru. Karotenoid yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang ditandai dengan warna orange atau merah. Wortel adalah pilihan terbaik karena beta-karoten mereka. Antioksidan ini dikonversi menjadi vitamin A yang dapat membantu mengurangi insiden asma.

Makanan dengan Omega-3

Asam lemak ini sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Studi awal menunjukkan bahwa makanan yang kaya asam lemak Omega-3 memiliki efek menguntungkan pada asma. Jika Anda tidak bisa mendapatkan cukup itu melalui ikan, kacang-kacangan atau biji rami, cobalah mengambil salah satu suplemen yang banyak tersedia.

Makanan dengan folat

Makanan ini bermanfaat untuk memerangi proses karsinogen paru-paru dan mencegah tumbuhnya kanker. Beberapa pilihan besar termasuk bayam, asparagus, bit, dan lentil.

Bawang putih

Bawang putih tetap menjadi pokok utama untuk berbagai praktek kesehatan alami karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya. Tingkat tinggi allicin mengurangi peradangan dan melawan infeksi. Itu menghancurkan radikal bebas dan dapat membantu untuk meningkatkan asma.

Makanan dengan Vitamin C

Makanan yang mengandung jumlah tinggi vitamin C dapat membantu paru-paru secara efektif mengedarkan oksigen di seluruh tubuh. Makanan yang dengan sumber vitamin C dan pilihan yang populer untuk paru-paru yaitu buah kiwi, paprika merah dan hijau, jeruk, lemon, dan anggur, tomat, stroberi, melon, nanas, brokoli, mangga, dan Melon.

Berry

Berry adalah buah yang paling kaya antioksidan, mengandung anthocyanin polifenol dan flavonoid beta-karoten, lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini melindungi paru-paru Anda dari kanker, penyakit dan infeksi. Situs Livestrong menyebutkan bahwa jus buah yang berisi raspberries, blackberries, atau blueberry, dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

Apel

Flavonoid dan berbagai vitamin memelihara fungsi pernafasan yang sehat dan mencegah perkembangan penyakit paru-paru. Apel juga merupakan salah satu buah Super yang disebutkan memiliki kandungan tersebut.

Jahe

Rempah-rempah ini sangat mudah untuk dimasukkan ke dalam makanan Anda untuk menambahkan rasa dan meningkatkan kesehatan. Anti-inflamasi berfungsi membersihkan paru-paru Anda selama terpapar polusi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Kunyit

Rempah-rempah ini serupa dengan jahe dalam manfaat kesehatan paru-paru dengan sifat anti-inflamasi. Sebagai bonus tambahan jumlah tinggi kurkumin dapat mengakibatkan penghapusan sel-sel kanker.

Jeruk

Jika Anda mendapatkan rasa pahit pada buah ini, Anda akan mendapatkan keuntungan dari kesehatan paru-paru yang didukung oleh vitamin dan mineral di dalamnya. Para ahli kesehatan menyarankan bahwa flavonoid tersebut berguna untuk membersihkan paru-paru yang bermasalah akibat karsinogen.

Artikel terkait :

Delima

Buah ini mengandung banyak antioksidan yang baik. Sifat padat gizi buah lezat ini dapat memperlambat perkembangan masalah paru-paru termasuk perkembangan tumor.

Makanan dengan Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang umumnya direkomendasikan untuk orang yang menderita masalah asma. Dapat meningkatkan kapasitas paru-paru dan membangun pada efisiensi proses pernapasan. Cara mudah untuk mendapatkan mineral ini adalah melalui biji-bijian atau kacang-kacangan.

Air

Sekali lagi, ketika datang ke kesehatan alami obat nomor satu biasanya adalah air. Meskipun mungkin tampak hambar, tubuh kita menginginkan hal itu untuk banyak alasan yang berbeda. Lebih banyak air dalam diet Anda dapat membuat proses peredaran darah Anda bekerja sementara menjaga paru-paru Anda terhidrasi dan siap untuk membuang racun yang tidak diinginkan.

Yuk mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan di atas jika memang anda kurang suka terhadapnya, tak perlu dalam porsi yang besar, cukupkan makan dalam porsi yang sederhana dan seimbang dengan kebutuhan anda. Semoga bermanfaat 🙂

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *