Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Kencing Manis

Diabetes atau kencing manis merupakan kondisi dimana kadar gula darah melebih batas normalnya akibat fungsi pankreas yang memproduksi hormon insulin sedang mengalami gangguan. Penderita kencing manis yang ingin segera mendapatkan kesembuhan, alangkah baiknya untuk memilih dan konsumsi obat-obatan maupun makanan dan minuman sehari-hari perlu diperhatikan. Tingginya kadar gula darah membuat anda harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan, bahkan ada yang menganjurkan untuk melakukan diet.

Namun, di balik adanya pantangan untuk mereka yang kencing menis, ada pula anjuran. Dalam artian, beberapa makanan yang boleh dimakan penderita kencing manis yang bisa mendukung pengelolaan kadar gula darah dalam tubuhnya dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut selengkapnya !

Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Kencing Manis

makanan yang boleh dimakan penderita kencing manis

Beras merah

Beras merah dikatakan lebih baik dibandingkan beras putih, Hal ini dikarenakan kandungan serat di dalam beras merah lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di dalam beras putih. Dan hal ini menjadi perbandingan, bahwa konsumsi beras merah akan lebih baik ketika anda tengah mengalami diabetes atau kencing manis.

Oatmeal

Seorang pakar kesehatan berpendapat, bahwa oatmeal tanpa gula mempunyai kandungan serat yang tinggi, sehingga tidak akan memicu peningkatan kadar gula darah.

Bayam

Bayam memiliki kandungan Lutein yang dapat menormalkan kembali kadar gula darah penderita kencing manis. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard tahun 1945 mengungkapkan bahwa, penderita diabetes akan memiliki risiko kebutaanyang cukup besar, dan kandungan lutein dalam makanan lah yang bisa mencegah ancaman tersebut terjadi.

Simak juga : Obat Luka Pengering Luka Diabetes Gangren Tradisional

Bawang putih

Dalam sebuah riset, bawang putih mengandung protein, vitamin A dan vitamin B1 yang dapat membantu menormalkan tingkat gula darah. Bahkan, senyawa alisan dalam bawang putih yang mengeluarkan bau menyengat bisa memberikan manfaat mengurangi gejala diabetes.

Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat menurunkan kadar kolesterol LDL yang memicu obesitas dan juga berhubungan dengan penyakit diabetes. Jika kolesterol LDL turun, maka risiko diabetes pun akan menurun.

Buah Acai berry

Buah yang masuk ke dalam anggota berry ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan menjadi buah berry yang paling sering dikonsumsi penderit kencing manis. Hal ini dipengaruhi pula oleh kandungan omega-3 dan 6 pada buah tersebut yang mampu memperbaiki kerusakan sel akibat diabetes.

Yoghurt tanpa lemak

Yoghurt selalu menjadi pilihan menu diet dan aman dikonsumsi penderita diabetes.

Konsumsi makanan di atas bukan sebagai obat obatan tradisional penyembuh untuk penyakit diabetes atau kencing, namun sebagai makanan pendukung agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih baik dan optimal.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *