5 Penyebab Radang Sendi pada Usia Muda

Obat-obatan | Mungkin kamu termasuk ke dalam kategori orang-orang yang masih muda dengan kisaran usia antara 18-30 an. Kamu akan selalu berpikir bahwa orang yang masih menginjak usia 20-an tak akan merasakan radang sendi yang biasanya hanya akan menyerang mereka dengan usia lanjut, sekitar 50 atau 55 tahun. Tapi, siapa yang sangka jika dugaan kamu ternyata salah, karena risiko menderita radang sendi pada usia muda mulai bermunculan dengan angka yang cukup tinggi.

5 penyebab radang sendi pada usia muda

Berikut ini ada beberapa faktor penyebab kamu bisa mengalami radang sendi di usia muda, di antaranya :

Riwayat radang sendi dalam keluarga

Menurut salah satu ahli bedah Ortopedi, yaitu Dr Pradeep Monoot, bahwa riwayat keluarga yang mengalami arthritis atau radang sendi menempatkan usia muda pada risiko tinggi menderita hal yang sama. Risiko yang tinggi ini membuat kamu harus rajin konsultasi dengan dokter sebagai pencegahan agar tidak menderita radang sendi seperti yang terjadi pada keluarga.

Kelebihan berat badan

Masih menurut Dr.Monoot, kelebihan beran badan menjadi salah stau faktor yang menimbulkan risiko arthritis atau radang sendi. Hal ini dikarenakan lutut serta sendi pergelangan kaki harus menahan berat badan yang lebih dari semestinya, sehingga memicu keausan yang lebih cepat dan menimbulkan radang sendi.

Merasakan kaku di pagi hari

Ketika bangun tidur di pagi hari kamu merasakan kaku di beberapa bagian tubuh, khususnya kaki, kamu harus waspada. Menurut Dr.Monoor, hal ini ini juga bisa terjadi saat kita duduk bersila di lantai dalam waktu yang cukup lama. Tentunya kebiasaan seperti ini perlu dihindari.

Baca juga : Obat Sendi Lutut Bengkak dan Nyeri

Kaku dan nyeri yang terjadi karena duduk terlalu lama bisa disebabkan oleh radang sendi maupun kurangnya asupan vitamin B3.

Sering mengalami nyeri sendi

Sering merasakan nyeri sendi menjadi salah satu sebab bahwa kamu memikili arthritis. Nyeri yang dirasakan bisa terjadi ketika naik tangga, berjalan, bahkan duduk sekalipun.

Kelelahan

Menjalankan pekerjaan sampai menimbulkan rasa lelah yang berlebihan bisa menjadi penyebab munculnya radang sendi. Kelelahan yang disertai dengan demam atau rasa sakit dapat memicu kondisi yang lebih serius pada persendian anda.

Sebaiknya hindari ke-5 penyebab yang bisa memicu munculnya radang sendi atau arthritis. Persendian yang baik akan menunjang fungsi dan kinerja tubuh dalam beraktivitas.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *