3 Cara Tradisional Mengatasi Batuk pada Bayi dan Balita

Ketika si kecil menderita batuk, biasanya ibu akan memberikan ia obat batuk yang ada di apotek terdekat. Tapi, ketika sang anak masih berusia 1 tahun, masih dikatakan sebagai bayi, ibu tak bisa memberikan sembarangan obat-obatan kepada sang anak. Karena, bukannya si kecil akan sembuh, justru ia akan mengalami kondisi yang lebih berat bahkan mungkin keracunan obat.

Cara yang paling aman untuk mengatasi anak bayi batuk adalah dengan memeriksakannya terlebih dahulu pada dokter, sehingga ibu bisa mengetahui obat batuk anak yang tepat untuknya, atau bahkan dokter bisa menyarankan cara lain yang lebih efektif namun aman untuk si kecil.

Jika ibu sendiri memiliki resep leluhur atau turun-temurun dalam mengobati batuk pada bayi, mungkin cara tersebut bisa ibu manfaatkan selagi ibu tahu bahan-bahan yang digunakan memang aman untuk bayi. Nah, kami pun memiliki 3 Cara Tradisional Mengatasi Batuk pada Bayi dan Balita. Berikut selengkapnya !

3 Cara Mengatasi Batuk pada Bayi dan Balita

mengatasi batuk pada anak bayi dan balita secara tradisional

Jeruk nipis dan madu

Untuk bayi usia 1 sampai 5 tahun, anda bisa mencoba dengan memberikannya air hangat yang dicampur jeruk nipis serta madu. Campuran kedua bahan ini mampu meredakan tenggorokan gatal serta merangsang keluarnya air liurĀ  bayi. Usahakan untuk memberikan minuman ini sebelum bayi anda tidur, dalam 1 kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan.

Kunyit

Kunyit yang biasa digunakan oleh orang dewasa, ternyata juga bisa digunakan oleh anak bayi dan balita. Untuk bayi yang masih menyusui, anda bisa mengoleskan bubuk kunyit di payudara ibu sebelum bayi menyusu. Selain itu, anda juga bisa mencampurkan bubuk kenyit ke dalam susu anak yang terbiasa minum susu dari gelas atau susu formula. Pengguaan kunyit ini dikarenakan, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan tenggorokan gatal penyebab batuk, dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Minyak tradisional

Minyak tradisional di Indonesia yang digunakan adalah minyak kayu putih, minyak rosemary atau minyak peppermint. Minyak-minyak tersebut dipercaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan batuk pada bayi dan balita. Anda bisa mengoleskan minyak tradisional ini hanya di bagian dada bati atau balita yang mengalami batu, tidak perlu sampai di dekat wajahnya. Oleskan juga dalam jumlah yang sedikit, jangan terlalu banyak.

Itulah 3 Resep tradisional yang bisa menjadi obat batuk anak bayi dan balita paling efektif dan juga aman. Selain itu, kami juga merekomendasikan anda pada produk herbal untuk mengatasi batuk pada bayi, balita, anak, sampai lansia. Lihat Selengkapnya dengan klik >> Obat Batuk Karena Asma untuk Anak

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *