Cara Mengatasi Sariawan Tanpa Obat

Sariawan merupakan salah satu masalah pada mulut yang sering terjadi dan banyak dialami oleh semua orang. Penyakit yang biasanya ditandai dengan munculnya bercak putih kekuningan pada mulut ini sangat tidak mengenakkan, apalagi ketika bersentuhan dengan benda atau ketika makan, rasa sakit yang ditimbulkan sangatlah mengganggu. Jika dibiarkan, tentu bisa menghilangkan selera makan anda.

sariawanBanyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati sariawan, termasuk dengan menggunakan obat sariawan yang banyak dijual di pasaran. Jika tidak ingin menggunakan obat, anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami dan mudah ditemukan ini untuk mengatasi masalah sariawan, seperti dibawah ini :

  • Perbanyak minum air putih

Minum air puith selain bisa menghidrasi tubuh juga bisa menyembuhkan infeksi sariawan pada rongga mulut anda. Selain itu, minum air putih juga mampu mengeluarkan racun dan sisa di dalam tubuh.

  • Susu

Anda suka minum susu? Saat sariawan, cobalah minum minuman yang satu ini. Susu bisa membantu meredakan nyeri dan menutrisi dari dalam. Susu juga mengandung zat besi yang bisa membantu menyembuhkan sariwan secara alami. Tidak hanya itu saja, susu juga bisa berperan sebagai anti inflamasi.

  • Perbanyak konsumsi vitamin C

Banyak orang mnegetahui bahwa kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sariawan. Karena iulah, perbanyak asupan vitamin C anda. Konsumsi buah – buahan seperti jeruk, lemon, kiwi, stroberi dan yang lainnya yang banyak mengandung vitamin C agar sariawan yang anda derita cepat sembuh.

  • Minyak jarak

Minyak jarak juga bisa anda gunakan untuk mengobati sariawan. Minyak jarak banyak mengandung zat anti kuman yang baik dan bisa menyembuhkan infeksi. Caranya pun sangat mudah, cukup dengan menuangkan dua sendok makan minyak jarak kemudian campur dengan air atau susu. Anda bisa meminumnya atau digunakan sebagai obat kumur saja. Jika tidak, boleh juga digunakan sebagai obat oles.

  • Yougurt

Makanan berfermentasi dengan bakteri probiotik di dalamnya ini bisa membantu melawan infeksi pada dinding rongga mulut yang terkena sariawan. Sifak antiseptik di dalamnya bisa meringankan infeksi akibat sariawan. anda bisa mengonsumsinya langsung atau cukup dengan mengoleskannya pada luka sariawan dalam mulut anda. walaupun pedih, tetapi bisa mempercepat proses penyembuhan.

  • Bawang putih dan bawang merah

Bumbu dapur yang sering digunakan untuk masakan ini sangat baik dalam gal antispetik, anti bakteri serta anti radang. Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan yang anda derita, anda bisa mengonsumsinya atau dengan mengoleskan kedua bawang ini langsung pada sariawan.

  • Kunyit

sama halnya dengan bawang merah dan bawang putih, kunyit yang juga sering digunakan sebagai bumbu dapur bisa anda gunakan untuk mengobati sariawan. Sifat anti bakteri di dalamnya bisa menyembuhkan sariawan. Anda cukup mengoleskannya pada luka sariawan dalam mulut anda.

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam yang bersifat antiseptik membantu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, air garam juga bisa meredakan nyeri dan infeksi pada mulut.

  • Minyak kelapa dan minyak kayu putih

Minyak kayu putih memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang bisa mempercepat proses penyembuhan sariawan. Begitupun juga dengan minyak kelapa, sangat baik untuk meredakan nyeri sariawan sekaligus menutrisi rongga dinding mulut anda.

Itulah cara alami mengobati sariawan tanpa obat. Jika anda ingin mengobati sariawan dengan obat, sebaiknya gunakan saja obat tradisional sariawan dari bahan-bahan alami agar tidak menyebabkan efek samping.

Facebook Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *